Sabtu, 09 Januari 2010

Sebesar ayam seganas raptor

Sebesar Ayam, namun Seganas Raptor

PNAS
Meski tubuhnya hanya sebesar ayam, Hesperonychus elizabethae pasti garang seperti raptor karena cakarnya saja sepanjang ini.
/

Selasa, 17 Maret 2009 09:54 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Ukurannya memang hanya sebesar ayam, namun jenis dinosaurus yang baru dideskripsikan fosilnya ini kelihatannya garang. Dengan taring tajam dan panjang, makhluk tersebut diperkirakan seganas velociraptor dengan cakar di ujung jari-jarinya.
Sejauh ini, spesies itu merupakan dinosaurus pemakan daging alias karnivora yang paling kecil di Amerika Utara. Rekor sebelumnya sebesar serigala. Berat tubuhnya hanya sekitar setengah kilogram.
"Mungkin berburu dan makan apapun yang dapat diraihnya sesuai ukurannya, serangga, mamalia, amfibi, dan mungkin bayi dinosaurus lain," ujar Nicholas Longrich dari Universitas Calgary Kanada yang melaporkannya dalam Proceedings of the National Academy of Sciences edisi terbaru.
Dinosaurus tersebut diperkirakan hidup di kawasan rawa dan hutan basah di Amerika Utara 75 juta tahun lalu. Temuan dinosaurus berukuran kecil di Amerika Utara termasuk jarang. Fosilnya telah ditemukan sejak seperempat abad lalu namun selama ini teronggok di gudang museum.
Para peneliti memberi nama Hesperonychus elizabethae untuk menghormati Elizabeth "Betsy" Nicholls, paleontolog yang mengumpulkan spesimen dinosaurus tersebut. Sementara Hesperonychus berarti cakar barat istilah untuk cakar panjang berbentuk sabit.
NB: yang dibelakang gambar cakar itu adalah koin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar